STIBA SARASWATI Recycle Day

STIBA SARASWATI Recycle Day
Di postingan sebelumnya kita telah membahas artikel tentang Global Warming dan tentang SAMPAH, kita membahas bagaimana kesusksesan Negara Jepang dalam mengelola SAMPAH. Untuk lebih jelasnya silahkan bisa di baca kembali pada link dibawah ini agar kita lebih memahaminya:

Nah pada kali ini kita akan membahas bagaimana cara menerapkannya di Kampus STIBA Saraswati Denpasar ini berikut kami sajikan uraian nya.

Gerakan Recycle day ini diselenggarakan berawal dari kepedulian kami terhadap lingkungan dan sebagai salah satu aksi nyata yang kami lakukan sebagai bagian dari Clean up Bali (CUB) di UKM CUB salah satunya kami diajarkan bagaimana bahaya sampah, memanfaatkan sampah menjadi sesuatu yang berharga dan memiliki daya jual yang baik, kami di ajarkan bagaimana caranya untuk membuang sampah yang baik dan benar, agar dampak dari sampah ini bukan menjadi masalah tetapi jurstu menjadi solusi bagi kehidupan kita.

Kami diajarkan "Buanglah sampah pada saku mu" itu yang pernah kami dengar dari salah satu senior kami di UKM CUB. Maksudnya itu adalah bagaimana caranya kita membuang sampah ketempat yang benar sehingga sampah itu menjadi berharga yang akan menambah uang saku kita.

Bertepatan dengan akan diadakannya festival budaya (bunkasai) yang ke-3 pada 9 dan 10 Mei 2015 di STIBA Saraswati Denpasar, dan kegiatan itu tentunya membutuhkan dana untuk mensuport kegiatan itu maka kami dan panitia bekerja sama untuk melaksanakan gerakan Recycle Day ini sebagai salah satu cara untuk menghasilkan dana dan karya.

Sengaja pihak panitia menggunakan cara ini sebagai salah satu metode untuk menghasilkan dana dan karya karena berhubungan dengan tema bunkasai kali ini yaitu “Back To Nature”, maka panitia berpikir untuk mencari dana dengan cara-cara yang mempunyai kaitan dengan kegiatan peduli lingkungan.

Pribahasa yang pas untuk kegiatan ini adalah "satu kali tepuk 2-3 nyamuk mati" maksudnya adalah dari kegiatan ini ada beberapa tujuan dan target yang ingin kita capai yaitu sosialisi/edukasi, Dana dan pembiasaan. Berikut perincian nya:
  1. Mengumpulkan dana untuk acara Bunkasai
  2. Mensosialisasikan kepada mahasiswa STIBA Saraswati Denpasar tentang cara membuang sampah yang cerdas dan bagai mana nilai positif menjual sampah.
  3. Mensosialisasikan bagaimana membuang sampah dalam keadaan bersih dan layak untuk didaur ulang sehingga sampah tersebut tidak menjadi masalah tetapi malah menjadi solusi dan punya daya jual.
  4. Melalui kegiatan ini tertanam sebuah kebiasaan yang baik yang konsisten di kampus STIBA Saraswati khususnya dan umumnya bagi seluruh masyarakat.
  5. Hasil dari pengumpulan sampah ini akan kami buat/daur ulang menjadi kerajinan kerajinan yang akan di pamerkan pada acara Bunkasai ke-3 nanti.

Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com