Biarkan Bumi Bernafas Sejenak

Sesuai dengan Tema Bunkasai STIBA Saraswati Denpasar yang ke-3 ini "Back to Nature" kami mengajak mari ikut berpartisipasi dalam Earth hour day #Biarkan Bumi Bernafas, Demi bumi yang telah menjaga kita dan memfasilitasi kita.
Earth hour day diperingati setiap tahunnya pada tanggal 28 Maret, pada tanggal tersebut kita diminta mematikan lampu dan alat elektronik lainnya selama 1 jam aja. Kegiatan ini dilakukan secara serempak pada pukul 20.30 - 21.30 waktu lokal atau waktu setempat seperti yang di beritakan ecoyouthtoyota.com

Bumi tempat kita hidup menyediakan segala macam kebutuhan untuk menunjang kebutuhan manusia, nggak hanya itu bumi juga menyerap racun dan limbah yang dihasilkan oleh manusia tanpa henti. Sebuah gerakan yang mengingatkan kita kalau bumi yang sudah renta ini juga butuh istirahat, seenggaknya selama 1 jam aja dari satu tahun. Sebanyak lebih dari 150 negara sudah berpartisipasi pada gerakan ini, termasuk Indonesia.
Earth hour day diperingati setiap tahunnya pada tanggal 28 Maret, pada tanggal tersebut kita diminta mematikan lampu dan alat elektronik lainnya selama 1 jam aja. Kegiatan ini dilakukan secara serempak pada pukul 20.30 - 21.30 waktu lokal atau waktu setempat. Setelah 1 jam memadamkan lampu dan mematikan alat elektronik yang nggak terpakai kita diharapkan bisa membawa kebiasaan ini ke hari-hari selanjutnya juga jadi ikut membantu menghemat energi listrik.
Lalu apa hubungannya mematikan lampu dan alat elektronik dengan memberikan bumi istirahat? Sebuah penelitian mengatakan kalau pada jam tersebut merupakan beban puncak pemakian listrik dan untuk menghasilkan energi listrik masih banyak negara yang mengandalkan pembakaran sumber daya fosil seperti minyak bumi dan batu bara. Nah, pembakaran tersebut tentu menghasilkan jejak karbon dan gas rumah kaca yang akan berdampK negatif bagi bumi. Makanya sebentar aja kita mengurangi pemakaian listrik berarti kita sedikit membantu bumi untuk beristirahat, kebayang kan kalau dilakukan secara bersama-sama?
Di Indonesia Earth Hour Day pertama kali diselenggarakan pada tahun 2009. Tahun 2015 ini kegiatan yang bertema "Change Climate Change" ini rencananya bakal ada sekitar 30 kota di Indonesia yang ikut ambil bagian pada kegiatan Earth Hour 2015 seperti Aceh, Jakarta, Bandung, Jogja dan kota-kota lainnya. Nggak bisa bergabung dengan acara Earth Hour Day di kota mu? Tenang aja kita masih bisa berpartisipasi dari rumah juga kok, besok malam pada 28 Maret, ajak teman, keluarga dan saudara untuk ikut mematikan lampu dan peralatan elektronik lainnya.

 Sumber: ecoyouthtoyota.com
Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com