Clean Up! Bali Sosialisasi Lingkungan ke SMP Wisata Sanur

Sosialisasi Lingkungan 
Clean Up! Bali (CUB) Melakukan kegiatan berupa memberikan pendidikan lingkungan ke SMP Wisata Sanur, BALI pada hari Sabtu, 28 Maret 2015 lalu.

Ini merupakan salah satu kegiatan rutin Clean Up! Bali yaitu mengunjungi dan melakukan kegiatan yang sama di sekolah-sekolah yang ada di Bali, dari mulai tingkat SD, SMP, dan SMA.

Tujuan kegiatan ini adalah menanamkan kepedulian dan budaya cinta lingkungan kepada parasiswa dari sejak dini. Karena parasiswa ini adalah calon-calon generasi penerus yang akan mengelola Bali ini. Sehingga ketika mereka telah peduli dan paham bagaimana menjaga lingkungan dengan baik sejak dini, diharapkan kepedulian menjaga lingkungan itu akan menjadi suatu kebiasaan yang terus melekat dalam diri nya sampai dewasa nanti.

Yudi, yang merupakan coordinator Clean Up! Bali  di STIBA Saraswati Denpasar, mengatakan “Bali merupakan salah satu tujuan wisata dunia, para turis baik lokal maupun manca negara mereka datang ke Bali kan salah satunya untuk menikmati keindahan alam di Bali, terus kalau alam Balinya tercemari apalagi orang buang sampah dimana-mana itukan akan membuat keindahan alam Balinya berkurang, Balinya menjadi tidak indah lagi, dan selanjutnya silahkan prediksi sendiri apa yang akan terjadi” dia juga menambahkan CUB akan terus mengadakan kegiatan ini agar generasi-generasi muda di Bali semakin peduli dengan lingkungan.

SMP Wisata Sanur adalah salah satu sekolah Bali yang mendapatkan Predikat Adiwiyata Nasional pada tahun 2012, dan meningkat menjadi predikat Adiwiyata Mandiri pada tahun 2013 dari kementrian pendidikan dan kementrian Lingkungan Hidup Negara Republik Indonesia.

Kepala Sekolah SMP Wisata Sanur yang sekarang Bapak Drs. Gusi Made Raka secara berkelanjutan selalu mendorong dan mengajak seluruh warga sekolah untuk memelihara dan menumbuhkan rasa peduli terhadap lingkungan agar sekolah menjadi bersih dan sehat. Selain membuat kebijakan yang berkaitan dengan lingkungan. Sikap kepedulian terhadap lingkungan, diintegrasikan pada kegiatan intrakurikuler dan ekstrakurikuler.  Pada kegiatan intrakurikuler  semua mata pelajaran diintegrasikan dengan PLH, demikian juga dengan kegiatan ekstrakurikuler.  Budaya peduli lingkungan selalu dibangun dan dikembangkan melalui sosialisasi dan pembinaan baik dilakukan pada acara rutin seperti pada Upacara Bendera setiap hari senin dan pada hari-hari yang lain.

Sosialisasi Lingkungan di SMP Wisata Sanur ini melibatkan 57 siswa sebagai perwakilan dan di bagi menjadi 2 kelas dan member Clean Up! Bali sendiri yang terlibat dalam kegiatan ini adalah 17 orang. Kegiatan nya di bagi menjadi dua season yaitu: yang pertama siswa diajak untuk membahas materi dan memahami bagaimana bahaya sampah terhadap kesehatan dan lingkungan, solusi agar lingkungan tidak tercemari, cara hidup ramah lingkungan, cara membuang sampah yang benar sesuai jenisnya, memberikan gambaran bagaimana keberhasilan orang jepang dalam menciptakan kesadaran cinta lingkungan dan pengelolaan sampah yang benar sehingga tidak mencemari lingkungan, karena keadaan lingkungan jepang 40 tahun yang laluhampir sama dengan keadaan lingkungan indonesia saat ini.

Materi ini di dibawakan oleh Mr.Ezoe member Clean Up! Bali (orang jepang) dengan menggunakan bahasa jepang dan didampingi oleh Antara mahasiswa STIBA Saraswati Denpasar untuk menerjemahkannya kedalam bahasa Indonesia sehingga dapat dipahami oleh parasiswa.

Season kedua parasiswa diajak untuk bermain kartu ECO KARUTA. Parasiswa membuat lingkaran terdiri dari 8 orang dan di tengah lingkaran di letakan kartu ECO KARUTA (kartu bergambar tentang lingkungan). Kemudian ada seorang yang membacakan clue, para pemain mendengarkan clue yang di bacakan kemudian mencari gambar yang sesuai dengan clue yang di bacakan. (clue yang dibuat dalam permainan Eco Karuta ini bertemakan tentang lingkungan jadi sambil bermain mereka mendapatkan pesan-pesan tentang lingkungan). Pemenang dari permainan ini adalah pengumpul kartu terbanyak sesuai clue yang di bacakan.

Parasiswa SMP Wisata Sanur ini sangat antusias sekali mengikuti kegiatan ini apalagi ketika di ajak bermain kartu Eco Karuta. Dan sebagai evaluasi para pemenang permainan Eco Karuta di persilahkan menyampaikan gagasan mereka tentang lingkungan dan cara menjaganya, dan gagasan mereka sudah lumayan bagus sesuai yang Clean Up! Bali harapkan, semoga kesadaran mereka, pemahan mereka, dan gagasan yang mereka sampaikan bisa mereka terapkan dalam kehidupan sehari hari dan bukan hanya di lingkungan sekolah saja. yang pada akhirnya mereka tumbuh menjadi generasi penerus yang peduli terhadap lingkungan.

DOKUMENTASI KEGIATAN






Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com