Implentasi Spirit dan Kode Etik Samurai Dalam Olah Raga Bela Diri Tradisional Jepang Aikido

Aikido

Oleh Wayan Nurita, Mahasiswa STIBA Saraswati Denpasar
Cikal bakal Aikido yang merupakan salah satu olah raga bela diri tradisional Jepang, telah berkembang sejak jaman Kamakura (1192-1333) yang bernuansa pada jiwa Bushido, yaitu jiwa kesatria Jepang padamasa pemerintahan feodalyang dikenal dengan nama samurai atau bushi. Sumber ajarannya berasal dari aliran Budha Zen yangmerupakan falsafah dan ajaran gaya hidup yang ketat bagi para samurai abad ke-12, dikombinasikan dengan pelatihan bela diri dan seni tempur.
Jiwa Bushido yang merupakan ajaran moral bagi para samurai di antaranya Jin, GI, atau Seigi, Chuu, kokki, Meiyo danYuuki. Dalam perkembangan sejarah Aikido sampai saat ini ajaran tersebut masih terus tercermin di dalamnya.
Falsafah Aikido tidak hanya menekankan pada latihan fisik semata, namun adanya keselarasan antara kesehatan fisik para praktisi Aikido atau Aikidoka dan kesembangan mentalnya. Secara garis besar Aikido mengndung dua aspek yaitu aspek seni bela diri dan aspek spiritual. Aikido berbeda dengan bela diri pada umunya yang lebih mengutamakan kekuatanfisik dan stamina, namun lebih mendasarkan latihannya pada penguasaan diri dan kesempurnaan teknik.
Dalam tingkatan fisik, Aikido merupakan kombinasi antara ilmu pedang atau Kenjitsu dan Juujitsu. Teknik-teknik yang digunakan dalam Aikido kebanyakan berupa teknik elakan, kuncian dan bantingan dalam tangan kosong juga penggunaan pedang, tongkat dan pisau dalam teknik penggunaan alat baik menghadapi lawan satu orang atau lebih.
Aikido yang diciptakan oleh Morihei Ueshiba (1883-1969) mengandung spirit dan kode etik samurai yang terimplementasi baik dalam kegiatan fisik berupa latihan maupun mental berupa tingkah laku dan semangat para Aikidoka. Spirit dan kode etik samurai yang merupakan para kesatria Jepang jaman dahulu, sampai saat ini masih tercermin pada diri Aikidokaberupa sikap, mental dan spiritual yang seimbang baik dalam latihan maupun dalam kehidupan sehari-hari di luar dojodalam pergaulan terhadap masyarakat.

Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com